judul

Berikan Yang Terbaik Yang Bisa Dilakukan

31.12.10

Apa Beda Notebook, Netbook dan Laptop


Untuk menyebut computer jinjing atau portable computer, sebagian orang menyebut Laptop, namun sebagian lagi menyebut Notebook. Bahkan belakangan muncul istilah baru lagi, Netbook.
Sebenarnya apa sih perbedaan antara Notebook, Netbook dan Laptop itu? Saya sendiri sempat bingung saat di pameran komputer banyak sekali istilah yang dipakai.
Laptop sendiri merupakan gabungan dari dua kata, Lap yang berarti pangkuan dan Top yang artinya diatas. Jadi semua komputer yang bisa di letakkan diatas pangkuan dinamakan laptop, dan notebook, netbook, desktop-replacement adalah varian – varian dari laptop.
Antara Notebook dan Netbook, keduanya mempunyai performa yang berbeda. Notebook cenderung lebih stabil, dibanding netbook yang punya keterbatasan. Disamping itu, ada bagian notebook yang tidak dimiliki oleh netbook yaitu diskdrive/CD Room.
Dari sisi ukuran, notebook mempunyai ukuran lebih besar disbanding netbook, antara 12 – 16 inch. Sementara netbook lebih kecil berkisar 7 – 12 inch. Komponen dari notebook merupakan komponen mobile edition, dan  komponen netbook adalah komponen low profile/low voltage.
Cuman, kalo dari sisi harga jelas notebook lebih mahal dibanding netbook.
Nah, sekarang udah jelaskan perbedaan antara notebook, netbook dan laptop?
Atau makin bingung?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar